Agar Menjadi Orang Istimewa Di Mata Allah

Assalamu’alaikum Waroh Matullahi Wabarokatu

Kali ini kita akan membahasa “Agar Menjadi Orang Istimewa Di Mata Allah”, nah langsung saja orang istimewa itu enak banget, apa-apa selalu dijadikan yang pertama. Maksudnya jika kita menjadi orang istimewa dalam sebuah acara, pasti kita akan mendapat tempat duduk di depan, dapat snack lebih banyak dan lebih enak dari tamu undangan yang lainnya. Itu masih menjadi orang istimewa di mata manusia, apalagi kalau menjadi orang istimewa di mata Allah pasti akan sangat beruntung, kalau orang jawa bilang ‘BEJO’.

orang istimewa

Coba bayangkan jika anda menjadi orang istimewa di mata Allah, pasti bila kita memohon sesuatu akan cepat terkabul, dan Allah itu tidak akan pernah mengeluh dengan berbagai macam permintaan kita. Seperti dalam hadist berikut ini:

Dari Abi Dzarr Al-Ghoffari r.a. dari Nabi saw yang diriwayatkan dari Allah Azza wajalla: Sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah berfirman, “Hai hamba-Ku! Sesungguhnya Aku haramkan perilaku zhalim atas diri-Ku dan Aku jadikan di antaramu haram maka janganlah kamu saling menzhalimi. Hai hamba-Ku! Kamu semua sesat kecuali orang yang telah Kami beri petunjuk maka hendaklah minta petunjuk kepada-Ku, pasti Aku beri petunjuk. Hai hamba-Ku! Kamu semuanya lapar kecuali yang telah Aku beri makan, hendaklah kamu minta makan kepada-Ku, pasti Aku memberi makan padamu. Hai hamba-Ku! Kamu semua telanjang kecuali yang telah Aku beri pakaian, hendaklah kamu minta pakaian kepada-Ku, pasti Aku memberi pakaian padamu. Hai hamba-Ku! Sungguh kalian lakukan kesalahan siang dan malam dan Aku mengampuni dosa-dosa itu semua maka mintalah ampun kepada-Ku, pasti Aku akan mengampuni kalian. Hai hamba-Ku! Sungguh kalian tidak dapat membinasakan Akudan kalian tidak dapat memberi manfaat kepada-Ku. Hai hamba-Ku! Jika orang terdahulu dan orang yang terakhir daripadamu, manusia dan jin semuanya, mereka itu berhati taqwa seperti paling taqwa diantaramu, hal itu tidak akan menambah kerajaan-Ku sedikit juga.Hai hamba-Ku! Jika yang pertama dan terakhir daripadamu, manusia dan jin seluruhnya, mereka berhati jahat seperti paling jahat diantaramu, itu tidak akan mengurangi kerajaan-Ku sedikitpun. Hai hamba-Ku! Jika orang terdahulu dan terakhir diantaramu, manusia dan jin semuanya, mereka berada di bumi yang satu, mereka meminta kepada-Ku maka Aku berikan setiap orang permintaannya, hal itu tidaklah mengurangi apa yang ada pada-Ku, melainkan seperti sebatang jarum dimasukkan ke laut. Hai hamba-Ku Sungguh itu semua amal perbuatanmu. Aku catat semuanya bagimu sekalian kemudian Kami membalasnya. Maka barangsiapa mendapat kebaikan hendaklah bersyukur kepada Allah dan barangsiapa mendapat selain itu maka janganlah ia menyalahkan kecuali dirinya sendiri.”
(Muslim)

Nah sekarnag pasti dalam benak kalian akan bertanya “BAGAIMANA MENJADI ORANG ISTIMEWA DI MATA ALLAH SWT?”.

Untuk menjadi orang istimewa maka kita juga harus punya ibadah amalan sunnah yang istimewa, dan jarang orang melakukan itu, dan juga sulit untuk ditirukan. Saya berikan contoh sederhana saja, misalnya ‘Saat kita pergi ke Mesjid untuk shalat jangan langsung masuk dulu, lihat di depan masjid, pasti banyak sandal orang-orang yang tidak tertata, jadi kita tata dulu kalau perlu dibalik,’ karena ini membatu orang jadi ini merupakan ibadah sunnah dan bahkan jarang orang melakukan ini, padahal ini sangat begitu sederhana.

Ada satu contoh lagi ‘Setiap hari membaca Shalawat sebanyak 1000x’ memang terlihat hanya membaca shalawat sederhana tapi ini memiliki segudang manfaat, berikut ini adalah berberapa hadist yang menyebutkan manfaat membaca shalawat:

“Barangsiapa bershalawat untukku sekali, niscaya Allah bershalawat untuknya sepuluh kali.” (HR. Muslim dari Abû Hurairah).

 “Manusia yang paling utama terhadap diriku pada hari qiamat, ialah manusia yang paling banyak bershalawat untukku.” (HR. Al-Turmudzî).

“Barangsiapa bershalawat untukku dipagi hari sepuluh kali dan di petang hari sepuluh kali, mendapatlah ia syafa’atku pada hari qiamat.” (HR. Al-Thabrânî)

Bila kita bershalawat satu kali kita akan mendapatkan sepuluh. Nah ini adalah beberapa manfaat membaca shalawat:

  1. Menaati perintah Allah untuk bershalawat.
  2. Meneladani Allah dalam bershalawat.
  3. Meneladani para malaikat Allah dalam bershalawat.
  4. Memperoleh sepuluh shalawat dari Allah untuk satu kali bershalawat pada Nabi Saw.
  5. Meninggikan sepuluh derajat.
  6. Mendapatkan sepuluh kebaikan.
  7. Menghaspus sepuluh keburukan.
  8. Memudahkan terkabulnya do’a.
  9. menjadi jaminan syafaat Nabi Saw.
  10. Menjadi factor diampuninya dosa dan di tutupnya aib.
  11. Menjadi sebab tercukupinya kepentingan hamba.
  12. Menjadi perekat kedekatan kepada Nabi Saw.
  13. Mengantarkan kepada maqam kejujuran.
  14. Membantu pemenuhan kebutuhan.
  15. Menjadi sebab curahan rahmat Allah dan permohonan do’a para malaikat.
  16. Menyucikan pembacanya.
  17. Pemberi kabar gembira tentang surga sebelum meninggal dunia.
  18. Menyelamatkan dari masa-masa berat di akhirat.
  19. Mendapatkan balasan shalawat dan salam dari Nabi Saw.
  20. Memperkuat ingatan atau membuat ingat apa yang di lupakan pembacanya.
  21. Mewangikan majelis atau memperindah pertemuan dan menghindarkan kita dari menyesal karena merugi pada hari kiamat.
  22. Menghilangkan kefakiran.
  23. Menghilangkan sifat kikir.
  24. Menimbulkan kecintaan orang dan mengantarkan kepada dengan Rasul dalam mimpi.
  25. Menjadi teman perjalanan menuju surga.
  26. menyelamatkan dari derita kekurangan karena sepinya shalawat dalam suatu majelis.
  27. Penyempurna pembicaraan setelah pujian kepada Allah Swt.
  28. Menjadi sebab suksesnya hamba meniti shirat.
  29. Membebaskan hamba dari mengentengkan shalawat nabi.
  30. Menjadi sebab turunnya pujian baik dari Allah diantara langit dan bumi.
  31. Meraih kasih sayang Allah.
  32. Menjadi sumber keberkahan hidup.
  33. Mengukuhkan keimanan dengan kian karibnya dengan Nabi Saw.
  34. Meraih cinta Rasulullah dan menjadi kekasihnya.
  35. Menjadi sumber hidayah dan menghidupkan hati.
  36. Memperbaiki perangai pembacanya.
  37. memperkukuh pijakan hidup dan memperkuat sikap optimis.
  38. Menunaikan shalawat sebagai hak Nabi dan mensyukuri ke hadirannya sebagai nikmat terbesar bagi kita.
  39. Mangandung dzikir kepada Allah, mensyukuri dan mengenal nikmat-Nya.
  40. Shalawat Nabi merupakan do’a bagi kita dan di perintah oleh Allah Swt. Jadi, bershalawat meningkatkan kualitas penghambaan kita.
  41. Terbentuknya pribadi luhur Nabi dalam diri. Inilah keuntung terbesar dan mulia.

Itu masih shalawat belum sunnah yang lainnya. Gimana segudangkan manfaat membaca shalawat, namun perlu diingat membaca shalawat atau melakukan ibadah apapun itu yang terpenting itu adalah IKHLAS DAN ISTIQOMAH.

Sekian dan Terima Kasih

Wassalamualaikum Waroh Matullahi Wabarokatu

Seorang yang memiliki minat di bidang IT, khususnya kecerdasan buatan, data, dan pengembangan perangkat lunak/keras. Selain itu bekerja sebagai programmer dan memiliki kesukaan bergabung dalam kegiatan sosial.

2 Comments

Rosa Nur

October 25, 2013

SubhanaAlloh, keren dek! 🙂

Reply

Sulthonul Mubarok

October 28, 2013

makasih….

Reply

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.