Perjuangan Hidup Seperti Bambu

Bagi teman-teman yang sedang berjuang dalam berbagai hal seperti belajar, bekerja, sebagai karyawan, dan terutama yang sedang mengalami masalah. Berbagai macam perjuangan itu dapat diibaratkan seperti bambu, yang sedang mengalami pertumbuhan.

bambuCoba lihat bambu yang baru saja tumbuh, pada tahun pertama pertumbuhannya hanya 1 meter, kemudian ditahun kedua bambu tersebut hanya diam saja, pada tahun ketiga bambu tersebut tetap saja diam, kemudian pada tahun keempat bambu tersebut tetap saja diam tidak mengalami perkembangan seakan mati.

Namun ketika ditahun kelima, dan selama lima tahun itu, bambu tidak mengalami perkembangan atau pertumbuhan keatas untuk menambah tingginya, melainkan kebawah untuk menumbuhkan akarnya yang kuat.

Sehingga pada tahun keenam bambu tersebut tumbuh dengan cepat dan tingginya melampaui tinggi bambu yang lainnya.

Jadi ketika kita sedang berjuang tidak mengalami hasil yang memuaskan apalagi kita selalu gagal, tetaplah berusaha, jangan pantang menyerah, karena untuk mendapatkan hasil yang memuaskan pasti butuh proses dan perjuangan yang berat.

Seperti yang dikatakan oleh pengusaha muda sukses asal Thailand bahwa “Berusahalah terus dan berjuanglah terus, jangan pantang menyerah, karena bila menyerah maka usailah sudah semua perjuangan anda, dan tidak akan ada hasilnya.”

3 Comments

  1. makasih artikelnya mas.. menyejukkan

  2. wow… mari berusaha bersama sama

    1. Sulthonul Mubarok

      ok mas….

Leave a Reply

Required fields are marked*