Memotivasi Diri Sendiri

“Ada yang bisa ngasih semangat?” Demiklanlah lsi salah satu e-mail yang muncul di inbox saya. Pengirimnya adalah adik-adiksaya diorganisasi yang sama saat di SMA. Pastinya mereka butuh semangat dari alumni-alumni untuk men-support mereka. Maklumlah, senior biasanya sangat diandalkan untuk men-support mereka dalam berbagai hal, termasuk dalam hal semangat. Kita juga wajar kalau ketemu saat-saat seperti itu, kondisi drop dan butuh motivasi serta semangat dari luar.

Butuh support dan dorongan moral. Sangat wajar karena kamu seorang manusia, manusia biasa yang bisa naik dan turun dalam hal semangat. But, ternyata menggantungkan semangat pada orang lain itu ada batasnya. Kalau selama ini sumber semangat kita adalah orang lain, pastinya kita nggak akan bisa bersemangat saat orang tersebut sudah nggak memotivasi kita lagi. Namun, jika sumber motivasi kita adalah diri kita sendiri, maka motivasi tersebut akan tetap bisa bertahan.

Dalam ilmu psikologi, sumber semangat itu ada dua, yaitu:

  1. motivasi internal. Ini adalah sumber motivasi dari dirimu sendiri,
  2. motivasi eksternal. Ini adalah sumber motivasi dari orang lain, bisa dari orangtuamu, guru-guru di sekolahmu, kakak dan kerabatmu, atau orang yang kamu segani.

Nah, temyata berdasarkan hasil penelitian, motivasi eksternal itu nggak bertahan lebih lama dibandingkan motivasi intenal. Misalnya saja nih, kamu ikutan training motivasi. Di dalam ruangan kamu bisa sangat bersemangat, berteriak dengan lantang saat disuruh teriak oleh para pelatih. Tapi, coba kamu rasakan setelah dua hari atau seminggu setelah pelatihan berlangsung. Kamu merasa biasa lagi, dan pengaruhnya sudah menghilang setelah kamu kembali pada kebiasaan-kebiasaan lama yang kamu miliki.

So, bangkitlah dan gantungkanlah semangatmu pada dirimu sendiri, boleh-boleh saja kamu minta semangat pada orang lain, tapi jangan sering sering. Kalau kamu sudah mulai menggantungkan semangatmu pada dirimu sendiri, saya ucapkan selamat buat kamu. Hebat! Kamu sudah mulai belajar mandiri. Bekal yang sangat berharga untuk kehidupan masa dewasamu.

Nah, tiap-tiap orang punya teknik tersendiri untuk menjaga semangatnya. Apapun itu, kamu pasti punya cara untuk membangkitkan semangatmu dan hanya kamu yang tahu. Secara, hanya kamu yang mengenal dirimu sendiri. Contohnya nih, kalau kamu suka bernyanyi, coba pasang atau nyanyikan lagu AFl JUNIOR berikut agar kamu selalu tampil percaya diri dan semangat. Sangat bagus jika kamu memutar setiap pagi untuk membakat semangatmu.

Aku Bisa
Kadang ku takut dan gugup
Dan kumerasa…oh, oh tak sanggup
Melihat tantangan di sekitarku
Aku merasa tak mampu
Namun aku tak mau menyerah
Aku tak mau berputus asa
Dengan gagah berani aku melangkah
Dan berkata, aku bisa
Aku pasti bisa
Ku tak mau berputus asa
Aku pasti bisa
Bila kugagal itu tak mengapa
Setidaknya ku tlah mencoba
Aku pasti………… bisa

Yah. siap! Biar saja lagu anak kecil, yang jelas bisa bikin kamu semangat. Kalau mau yang lebih uptodate kamu juga bisa menyanyikan lagu Laskar Pelangi dari Nidji. So, siap jadi motivator bagi diri sendiri? Soalnya, nggak ada yang yang selalu menyertaimu 24 jam selain diri kamu sendiri dan Sang Pencipta atau coba saja dengar lagu-lagu lain yang memang bisa bikin kamu tambah… SEMANGAT!!

Mimpi adalah kunci….
Untuk ta menaklukkan dunia
…………………………………
Menarilah dan terus tertawa, walau dunia tak seindah surga
Bersyukurlah pada Tang Kuasa…

Leave a Reply

Required fields are marked*