Man Jadda Wajada, Bersungguh-sungguhlah

Man Jadda Wajada yang berarti “Yang Bersungguh-sungguh Pasti Akan Berhasil.” perkataan tersebut memang memiliki makna yang baik untuk diri kita. Dan juga dalam film terpopuler “Negeri 5 Menara”, juga seringkali menyebut perkataan tersebut. 

Man Jadda WajadaKesungguhan merupakan salah satu elemen penting untuk mampu mencapai kesuksesan. Dalam hal kesungguhan kita akan menggunakan semua energi, mental, pikiran, serta juga harus tetap fokus pada hal yang sedang kita perjuangkan.

Rasulullah saw. bersabda:

“Allah  mencela sikap lemah dan tidak bersungguh-sungguh. Kamu harus memiliki sikap cerdas dan cekatan, namun jika kamu tetap terkalahkan oleh suatu perkara, maka kamu berucap ‘cukuplah Allah menjadi penolongku, dan Allah sebaik-baik pelindung.’” (HR. Abu Dawud).

Kesungguhan merupakan salah satu hal yang penting dalam keyakinan kita kepada Allah SWT. Dalam mencapai kesungguhan yang baik memang tidak mudah, kita harus tidak mudah pantang menyerah dan pada akhirnya nanti kita akan mendapat buah hasil yang baik.

Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya. Dan bahwasanya usaha itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya). Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna. Dan kepada Tuhanmulah kesudahan (segala sesuatu). (QS. An-Najm: 39-42)

1 Comment

  1. posting yang bermanfaat…… amin !!!

Leave a Reply

Required fields are marked*