Hukum Kekekalan Energi

Hikmah Dibalik Hukum Kekekalan Energi (Hukum 1 Termodinamika)

Sewaktu kalian SMA atau SMP masih ingatkah dengan Hukum Kekekalan Energi. Kalau lupa ini bunyinya:

Energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain tapi tidak bisa diciptakan atau dimusnahkan.

Itulah bunyi dari Hukum Kekekalan Energi atau Hukum 1 Termodinamika. Kalau kita lihat secara ilmiah ini berarti bahwa hukum itu menyatakan perubahan bentuk suatu energi seperti energi listrik diubah menjadi energi panas di dalam mesin oven listrik. Namun jika kita lihat dari sisi yang berbeda, coba baca lagi Hukum Kekekalan Energi tersebut kemudian resapi.

Hukum ini menyatakan bahwa energi tidak dapat dimusnahkan ataupun diciptakan, energi bisa dalam berbagai bentuk mulai dari gerakan tangan, berbicara, melangkah, melihat, berpikir, bahkan hingga setiap sel dalam diri kita ini adalah sebuah energi yang saling terikat dan terus berubah. Saat aku membuat artikel ini juga termasuk sebuah energi. Coba pikirkan jika setiap sel dalam diri kita ini adalah sebuah energi, maka apa saja yang kita lakukan merupakan sebuah perubahan bentuk dari energi yang ada pada diri kita. Secara otomatis apa yang telah kita lakukan juga menjadi tanggungjawab diri kita, karena apa yang kita lakukan adalah hasil dari energi yang ada dalam diri kita.

Bahkan kita sendiri juga merupakan hasil dari sebuah perubahan energi dari bentuk energi yang lain sebelumnya. Bentuk yang lain sebelumnya bisa berupa setiap sel dalam diri ibu kita, hingga miliaran sperma dari ayah kita, mereka semua mengamanahkan kepada diri kita dan dipercaya akan melakukan kebaikan dan kemanfaat dalam hidup kita. Lantas dalam kita berbuat ingatlah bahwa kita diamahkan oleh jutaan hingga triliunan sel untuk berbuat kebaikan di dunia ini, dan bila kita berbuat suatu keburukan, bayangkan jutaan hingga triliunan sel yang rela berkorban untuk kehadiran kita di dunia akan menuntut kita di akhirat kelak.

Sebelum menutup artikel ini dalam diri saya mengatakan untuk kita semua “Menjadilah orang yang bermanfaat untuk sekitar kita.”

2 Comments

  1. “…ingatlah bahwa kita diamahkan oleh jutaan hingga triliunan sel untuk berbuat kebaikan di dunia ini,” kutipan ini sungguh menarik. Lanjutkan!

  2. Tulisan yang berat tapi ringan pembahasannya. I like It. Keep posting

Leave a Reply

Required fields are marked*