Gadget

Gadget Menjadi Gaya Hidup dan Kebutuhan

Saat ini telah beredar banyak sekali jenis gadget di berbagai kalangan masyarakat yang menimbulkan berbagai gejala sosial baik itu positif atau negatif. Itu tergantung bagaimana kita memanfaatkan gadget, ada sebagian orang yang hanya menjadikan gadget sebagai bagian dari hidupnya atau bisa dikatakan sebagai kebutuhan ada juga yang menjadikan gadget hanya sekedar gaya hidup saja.

Untuk lebih jelasnya bagaimana gadget digunakan untuk kebutuhan atau gaya hidup perhatikan pemaparan berikut ini:

Gadget sebagai Gaya Hidup

Sebenarnya di beberapa kalangan, Gadget hanya difungsikan sebagai gaya hidup karena pemiliknya sendiri tidak tahu pemanfaatan fitur yang terdapat di gadget yang mereka gunakan. Contohnya, seperti seorang ABG yang ingin dibelikan gadget baru, supaya terlihat keren dan ingin mendapatkan perhatian lebih dari teman-temannya.

Dari contoh di atas memperlihatkan bahwa ABG tersebut memang hanya menjadikan gadget sebagai gaya hidup saja, tidak menjadikan gadget sebagai kebutuhan juga.

Jaman sekarang banyak orang terutama di kalangan remaja yang hanya menjadikan gadget sebagai gaya hidup saja. Hal ini sangat disayangkan, karena jika menggunakan gadget hanya didasarkan pada gaya hidup saja, kemungkinan besar penggunaan gadget akan lebih mengarah ke hal yang tidak terlalu penting seperti gadget yang hanya digunakan untuk bermain Game, Facebook-an, Twitter-an, dan bahkan bisa disalah fungsikan ke arah negatif seperti untuk mengakses situs-situs porno. Sehingga hal itu bisa merusak pola berfikir dan kepribadian remaja.

Dari hal ini peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mengawasi, mendampingi, dan mengarahkan anak-anak mereka untuk menggunakan gadget yang sebagaimana mestinya, agar mampu dimanfaatkan secara optimal dan tidak cuma sekedar gaya hidup saja.

Gadget sebagai Kebutuhan

Menjadikan gadget sebagai kebutuhan memang setiap orang memiliki anggapan yang berbeda, namun gadget dapat dijadikan kebutuhan bisa dilihat dari profesi dan jenis pekerjaan seseorang.

Contohnya:

Wartawan

Menjadi seorang wartawan tentunya memerlukan akses informasi yang begitu cepat dan ter-update, jadi tentunya gadget menjadi kebutuhan wajib.

Profesi di Bidang IT (Programmer TI USD, Blogger, Marketing Online, dll)

Menjadi pekerja yang bergerak di bidang IT tentunya sangat membutuhkan gadget, karena gadget sendiri adalah bagian dari profesi mereka. Hal ini digunakan untuk mempercepat dan mempermudah pekerjaan mereka.

Pebisnis (Pengusaha)

Menjadi seorang pengusaha di jaman sekarang, gadget memang menjadi kebutuhan wajib, karena dengan memanfaatkan fitur dan fasilitas yang ada di dalam gadget mampu mempermudah seorang pengusaha untuk menjalankan usahanya.

Lain-lain

Lain-lain ini maksudnya adalah profesi lainnya apapun itu selama gadget mampu mendukung pekerjaan dan aktifitas tentu gadget menjadi barang kebutuhan.

Contohnya profesi seorang petani, banyak orang berfikir bahwa menjadi petani tentunya tidak membutuhkan gadget untuk mendukung pekerjaannya. Namun jika petani itu cerdas tentunya mampu memanfaatkan gadget untuk mempromosikan hasil pertaniannya melalui internet atau melihat harga jual hasil pertanian di berbagai tempat. Tidak cuma itu saja sebenarnya jika kita mampu memanfaatkan gadget dengan cerdas, akan mampu membuat sebuah peluang usaha yang begitu baik.

Dari penjelasan ini bisa disimpulkan bahwa gadget bisa menjadi kebutuhan atau gaya hidup tergantung seberapa bijak kita memanfaatkan fitur dan fasilitas yang ada didalamnya.

Untuk itu saya akan memberikan beberapa tips tentang pemanfaatan gadget secara bijak agar gadget tidak cuma dijadikan gaya hidup saja, melainkan bisa menjadi kebutuhan juga. Berikut ini adalah beberapa tips pemanfaatan gadget secara bijak:

  • Disaat berkumpul dengan keluarga, makan bersama, simpan gadget di tempat yang tidak mudah terjangkau. Hal ini dimaksudkan agar kita mampu berinteraksi dengan keluarga dengan baik tanpa ada gangguan.
  • Jika sedang bertemu dengan teman atau ada pertemuan jangan sampai terlalu sibuk dengan gadget karena itu akan membuat orang yang ada disekitar kita merasa terabaikan.
  • Ketika berada di keramaian jangan sibuk dengan gadget, karena itu akan memungkinkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Apapun gadget itu memang sangat membantu komunikasi, informasi, interaksi dan lainnya. Namun kita harus bijak menggunakannya, agar mampu menggunakan gadget ke jalan yang benar.

23 Comments

  1. bahkan gejet bisa bikin kurus loooh… pakek ngegame aja sampe lupa makan

    1. jangan sampai kayak gitu mas…

  2. terkadang gadget juga gak bikin hati tenang hahaha… klo hati lagi galau mending jauh2 deh dari gadget :p

  3. Gadget terlepas dari fungsinya yang merupakan kebutuhan, bagi saya juga ikut membentuk diri – teringat dulu punya HP yang memang bagus buat musik (Samsung M3510), pasti kemana – mana bawa headset – Sekarang HP Android, makin online, ditambah dengan aplikasi Instagram, jeprat – jepret jadinya 😀

    1. yg penting dengan kelengkapan fitur, jadi tambah produktif…

  4. gadget juga bikin kita lupa suatu yang lebih penting..
    bahkan itu dilakukan berulang kali. hehe

  5. Gadget bisa bikin tambah ganteng gak 😛

    1. bisa bikin keren juga lho… #hahaha…

  6. yg saya tau gajet itu adalah band rock dari jepang 😛

  7. saya lebih sepakat dengan sosiolog Alvin Tofler dengan teorinya tentang “Shock Culture” atau kaget budaya.

    gadget, sejatinya diciptakan untuk memudahkan kerja manusia. namun, tidak bisa kita pugkiri bahwa gadget secara mayoritas di indonesia masih sebatas sebagai gaya hidup yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

    gadget masih hanya sebatas simbol kelas tertentu

    sebab, budaya gadget, telah membuat kaget masyarakat yang belum siap menjalankan fungsi-fungsi gadget sesungguhnya.

    wew…ngomong apa sih aku? Bilang saja nggak punya gadget hehe…teruslah menulis kawan? (nggak nyambung)

    1. iya mas, ane juga setuju kayaknya masyarakat di indonesia belum siap dengan kehadiran berbagai gadget dengan sejuta fitur…

  8. saya make gadget buat gaya hidup sama kebutuhan.
    yakni kebutuhan akan internet + ngegame
    hehehehe

    1. tapi hati-hati sama gadget yg cuma dipake game loo. kayak yg di bilang mas ndop “bahkan gejet bisa bikin kurus loooh… pakek ngegame aja sampe lupa makan” hehehe…

  9. sekarang sih masih butuh, gaya hidup belum. Soalnya belum benar-benar merasa saklek dengan 1 merk hape saja.

  10. kalo sekarang gadget menjadi kebutuhan hidup yang penting, jadi hidup tanpa gadget serasa hambar dech… 😉

  11. Hyu

    saya sendiri gejet ganti kalau udah rusak mas .. hehe

    untuk fungsinya alhamdulilah kepake sesuai kebutuhan.. untuk kerja, hiburan begitu …

    *salam kenal mas sulthon

    1. salam kenal juga mas, alhamdulillah bisa maksimal memanfaatkan gejetx.. 😀

  12. Dulu ketika bepergian tidak membaca HP tidak masalah, tapi sekarang pergi lupa bawa HP kayak lupa ga bawa uang saja. Bingung gitu.

    1. kalo aku gag ada internet sehari, serasa hidup ini ada yg kurang…

  13. saya cuma punya smartphone mas.. blm ada gadget lain 😀
    tp kalau kebutuhan pekerjaan mendesak.. rencana pgn beli apel 😀

    1. Beli apel, buat di makan ya mas,… #hahaha…

  14. Di kampung saya banyak yang punya hp bagus (smartphone), tapi cuma buat sms, telpon sama dengarin lagu doank. 😀

  15. gadget apa ya yang cocok buat pelajar ?
    sebab banyak lho yang punya gadget tapi hanya digunain buat pamer-pamer aja. 😀

    kasihan yang beliin susah-susah banting tulang, 🙁

Leave a Reply

Required fields are marked*